abstrak

ABSTRAK Utami, Sri. 2005. Observasi Terhadap Penerapan Penilaian Berbasis Kelas Berdasarkan Kurikulum 2004 Untuk Kelas X di SMA Negeri I Lawang dengan Pokok Bahasan Persamaan Kuadrat. Skripsi, Jurusan Matematika Program Studi Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Dwiyana, M.Pd, (2) Drs. Sudirman, M.Si Kata Kunci: Penilaian Berbasis Kelas, Kurikulum 2004, Persamaan Kuadrat Sistem Pendidikan di Indonesia selalu mengalami perubahan. Perubahan tersebut disebabkan oleh semakin pesatnya laju perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sehingga menuntut peningkatan mutu pendidikan yang diarahkan pada perbaikan sistem pendidikan di Indonesia. Adapun perubahan tersebut pasti membutuhkan suatu sistem penilaian yang lebih baik. Dalam hal ini pemerintah mencoba mengupayakan perbaikan sistem pendidikan dengan memberlakukan kurikulum 2004 yang berbasis kompetensi. Beberapa waktu terakhir ini, kurikulum 2004 beserta seluruh komponennya telah diujicobakan untuk diterapkan di sekolah-sekolah yang ditunjuk sebagai pilot project maupun pilot mini. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan penilaian berbasis kelas berdasarkan kurikulum 2004 untuk kelas X di SMU Negeri I Lawang dengan pokok bahasan persamaan kuadrat yang meliputi penilaian aspek afektif, kendala yang dihadapi guru matematika dalam menerapkan penilaian berbasis kelas dan upaya yang telah dilakukan dalam mengatasi kendala yang ada. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Subjek penelitian ini adalah guru matematika kelas X SMA Negeri I Lawang. Data penelitian ini berupa hasil observasi, hasil wawancara, angket, buku kerja guru dan siswa. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri dengan didukung adanya instrumen pedoman wawancara, pedoman observasi dan angket. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan cara : (1) memperpanjang waktu keikutsertaan, (2) melakukan pengamatan secara tekun, (3) mendiskusikan dengan pakar atau ahli, yaitu peneliti melakukan konsultasi dengan dosen pembimbing I dan II apabila peneliti mengalami kesulitan dan keraguan dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan hal sebagai berikut. Pertama penilaian aspek afektif dengan pokok bahasan persamaan kuadrat diperoleh melalui pengamatan terhadap presensi, keaktifan dan keseriusan siswa ketika mengikuti pelajaran matematika. Kedua, kendala yang dihadapi guru dalam menerapkan penilaian berbasis kelas adalah kesulitan dalam melakukan perencanaan, pelaksanaan, pengumpulan, dan pelaporan hasil instrumen. Hal ini disebabkan banyaknya aspek serta banyaknya siswa yang harus dinilai. Ketiga, upaya guru dalam mengatasi kendala yang ada berupa mencari kriteria yang dapat dipraktekkan, membagi waktu yang ada dengan setepat-tepatnya, mencari atau meminjam sarana penilaian, mencermati atau menyesuaikan alat penilaian dengan indikator, dan mengolah nilai secara bertahap. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa guru SMA Negeri I Lawang sudah melaksanakan penilaian berbasis kelas.

Categories: kuliah | Tag: , | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan komentar

Blog di WordPress.com.